RSS
Facebook
Twitter

March 17, 2012

Ayam Taliwang Pesona Kuliner Pulau Lombok

Bagi penggemar ayam, Ayam Taliwangtentu sudah tidak asing lagi. Menu ini menjadi makanan favorit banyak orang, apalagi warung Ayam Taliwang sudah membuka cabang dimana-mana dan kini sudah hampir ada di setiap daerah.

Menu pemanja mulut ini merupakan khas pulau Lombok. Sebagai sebuah makanan khas, menu ini menjadi harta pusaka yang berharga yang bisa memajukan pulau Lombok itu sendiri. Jika ditelusuri, menu ayam taliwang berasal dari sebuah desa yang bernama kampung Karang Taliwang. Lokasinya di Cakranegara dan ditemukan oleh seorang warga desa yang kini sudah almarhum, yaitu H Murad (alrmarhum) dan istrinya.

Menu Ayam Taliwang menjadi khas bagi para wisata kuliner yang menyukai pedas. Jika Anda berkunjung ke Lombok, tidak akan lengkap tanpa menikmati sajian ini. Walaupun di berbagai pelosok penjuru tanah air sudah tersedia warung Ayam Taliwang, namun makan Ayam Taliwang di daerah asalnya tentu saja berbeda.

Resep Masakan Ayam Taliwang ini jadi sangat istimewa karena dibuat dengan ayam khusus, yaitu ayam kampung yang masih muda dan berusia 3-5 bulan. Ayam umur segini mempunyai daging yang empuk dan kenyal, sehingga bisa memberikan cita rasa khas saat dibakar. Selain, daging yang masih muda dan empuk juga bisa membuat bumbu meresap sempurna, sehingga bumbu masih berasa kalau kita makan tulangnya.

Karena ayam yang dipakai adalah ayam muda, maka tidak heran kalau ukuran ayam bakarnya memang agak kecil. Namun jika ditanya kualitas, sudah tentu tidak ada bandingannya. Jadi jika Anda akan berkunjung ke pulau Lombok, cobalah Anda mengunjungi salah satu warung yang menjual menu Ayam Taliwang di kota Mataram. Salah satunya adalah warung Taliwang Irama, jalan Ade Irma Suryani. Setelah Anda mencoba, silahkan bandingkan rasanya dengan Ayam Taliwang yang ada di luar pulau Lombok.

0 comment:

Post a Comment