RSS
Facebook
Twitter

March 24, 2012

Pasar Monopoli (Ilmu Semester 1)

 
Monopoli merupakan bentuk struktur pasar yang hanya memiliki satu penjual yang menguasai perdagangan barang/jasa sehingga pembeli tidak dapat menemukan pedagang yang lain. Oleh karena itu, penjual dapat menentukan harga dan dapat memperoleh keuntungan yang tinggi. Pada akhirnya, keuntungan akan berpusat pada satu penjual.

Ciri utama monopoli adalah tertutupnya pintu masuk ke pasar sehingga pesaing tidak dapat masuk ke pasar dan bersaing dengan penguasa pasar. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain, sebagai berikut :
  • Sumber daya yang merupakan bahan mentah dikuasai oleh satu perusahaan. Sehingga tidak mungkin bagi perusahaan lain untuk memperolehnya.
  • Pemerintah member hak eksklusif kepada sebuah perusahaan untuk memproduksi dan menjual barang tertentu. Inilah yang disebut sebagai regulasi ekonomi. Dalam monopoli jenis ini, pemerintah sengaja menciptakan monopoli demi melayani kepentingan publik. Misalnya, pemerintah memberikan hak mengelola listrik kepada PT PLN, BBM kepada PT Pertamina, serta angkutan kereta api kepada PT KAI. Pemerintah juga dapat menciptakan monopoli melalui hak paten. Dengan adanya hak paten atau hak cipta dari hasil penelitian, sebuah perusahaan dapat melakukan monopoli terhadap suatu produk.
  • Biaya-biaya produksi menjadi lebih efisien jika hanya ada satu produsen tunggal yang membuat produk itu.
Ciri-ciri pasar monopoli :
  • Hanya ada satu penjual dan banyak pembeli;
  • Tidak ada perusahaan yang dapat membuat barang pengganti yang sempurna;
  • Rintangan cukup kuat untuk masuk pasar monopoli, baik dari segi penguasaan sumber daya alam, biaya produksi yang tidak efisien hingga peraturan pemerintah;
  • Pembeli tidak memiliki pilihan lain dalam membeli barang;
  • Keuntungan hanya terpusat pada satu perusahaan;
  • Harga ditentukan oleh perusahaan.
Kebaikan pasar monopoli :
  • Keuntungan penjual cukup tinggi karena tidak ada pesaing.
  • Penguasaan atas produk yang menguasai hajat hidup orang banyak biasanya diatur pemerintah. Hal ini menguntungkan konsumen karena penjual tidak dapat menentukan harga dengan semena-mena. Penentuan harga yang sebesar-besarnya dapat mengundang kecaman dari konsumen.

Keburukan pasar monopoli :
  • Pembeli tidak ada pilihan lain untuk membeli barang.
  • Keuntungan hanya terpusat pada satu perusahaan.
  • Terjadi eksploitasi oleh monopolis terhadap pembeli. Produsen dapat menaikkan harga terutama kalau terjadi peningkatan dalam permintaan. Akibatnya, konsumen dapat dirugikan dan merasa dieksploitasi.
Peranan pemerintah dalam pasar monopoli yakni berusaha unutk mengurangi ataupun mencegah dampak negatif dari adanya monopoli. Hal tersebut dilakukan dengan berbagai cara, antara lain sebagai berikut :
  • Pemerintah mencegah timbulnya monopoli dengan menciptakan Undang-undang Antimonopoli.
  • Pemerintah memberikan ijin kepada perusahaan baru yang menghasilkan barang yang sama.
  • Pemerintah menambah penawaran barang dalam negeri dengan cara impor sehingga pemegang monopoli tidak leluasa lagi mengendalikan harga.

0 comment:

Post a Comment