RSS
Facebook
Twitter

March 17, 2012

Resep Rendang Daging khas Padang

Rendang adalah masakan khas Padang yang berbahan dasar daging sapi. Hampir di setiap rumah makan Padang selalu menyediakan daging rendang ini, karena banyak orang yang menyukainya. Tidak hanya orang Padang yang gemar makan rendang padang ini, selain orang Padang pun akan segera suka setelah mencicipinya.

Rasa rendang ini adalah asin, manis, gurih, pedas, dan sedikit asam, namun yang dominan adalah rasa asin sebagaimana kesukaan orang padang. Untuk membuat rendang padang ini bahan utamanya adalah daging sapi dan dilengkapi dengan kacang merah yang akan membuat rendang semakin menarik dan lezat pengolahan daging sapi menjadi rendang melalui beberapa tahap.

Memasak rendang tidak sulit hanya butuh kesabaran karena menunggu sampai santan kering. Berikut ini adalah resep rendang yang bisa dicoba saat di rumah:
Yang pertama kali dilakukan adalah menyiapkan bahan-bahan yaitu 1 kilogram daging sapi segar, usahakan memilih daging sapi yang masih segar yaitu baru saja disembelih. Belilah daging sapi di tempat yang dapat dipercaya, jangan membelinya di sembarang tempat. Selain daging sapi, yang perlu disiapkan adalah setengah kilogram kacang merah yang berkualitas baik lalu direndam semalam dan direbus. Tidak lupa 2 atau 3 butir kelapa yang sudah tua untuk diambil santannya.
Untuk bumbu-bumbunya adalah:
  • cabai merah 1 ons (tergantung sepedas apa rendang Padang yang ingin dibuat, sebagian cabai bisa dibuang bijinya).
  • 10 butir bawang merah berukuran sedang.
  • 5 butir bawang putih berukuran sedang (ada 2 macam jenis bawang putih yaitu cincau dan kating, bisa dipilih mana yang disukai).
  • Lengkuas dicincang halus, kunyit, jahe, 3 batang daun serai, daun jeruk purut, daun kunyit,daun salam, pala, jinten putih, asam kandis, gula dan garam secukupnya.
  • Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah, lengkuas, jahe, kunyit, pala, dan jinten putih.
  • Panaskan mentega atau minyak goreng (lebih baik minyak zaitun) lalu masukkan bumbu yang sudah dihaluskan tadi ke dalam minyak jika sudah mengeluarkan bau harum bumbu-bumbu yang lain dimasukkan.
  • Dengan santan dari 2 atau 3 butir kelapa. Aduk-aduk supaya santan tidak pecah sampai daging empuk.
  • Setelah daging rendang empuk dan santan tinggal sedikit, masukkan kacang merah yang sudah direbus tadi dan telah ditiriskan.
  • Kemudian aduk rata hingga santan mengental, setelah bumbu mengering dan berwarna coklat, rendang padang siap disajikan.

0 comment:

Post a Comment