RSS
Facebook
Twitter

March 19, 2012

Aku harus Dewasa!


Orang-orang yang telah berhasil pasti mempunyai sifat dewasa dalam dirinya, mereka mengerjakan apa yang baik untuk dikerjakan dan mereka meninggalkan apa yang buruk yang tidak untuk dikejakan. Pengertian dewasa menurut saya sendiri ialah keadaan dimana kita bisa menerima kekurangan kita, selalu bersyukur, tidak mengandai-andai, menjalani kehidupan ini dengan optimis, bisa menggunakan waktu sebaik mungkin, mempunyai pendapatan secara kontinyu, dan tidak melakukan tindakan yang sering dilakukan anak kecil. 

banyak sekali mahasiswa di Universitas Negeri Malang khususnya di Fakultas Ekonomi yang mereka sudah semester akhir dan sedang mengerjakan skripsi tapi kelakuan mereka belum dewasa, contohnya seperti bermain kartu di kampus, bermain playstation, ramai dikelas, tidak punya pendirian, belum punya tujuan dalam hidup, dan belum punya pendapatan. Sebaliknya, banyak mahasiswa baru yang mereka baru belajar di lingkungan kampus tapi mereka mempunyai orientasi ke depan seperti belajar kerja/usaha part time, tidak melakukan aktivitas yang tidak bermanfaat, mencari kesibukan positif di luar kampus(ikut organisasi), dan tidak melakukan aktivitas yang sering dilakukan anak kecil. 

Menjadi dewasa itu memang sulit karena butuh waktu, tenaga, dan biaya. Menurut pengalaman saya hal yang cepat membuat kita dewasa ialah “masalah”. Masalah memang sebuah kondisi yang tidak diinginkan oleh setiap orang, tapi dibalik masalah itu ada sebuah kenikmatan luar biasa yang itu berhubungan langsung dengan kedewasaan. Semakin orang mendapat masalah dan bisa menyelesaikan masalah itu maka semakin dewasalah dia dalam menjalani kehidupan ini. 

Berikut kiat-kiat menjadi dewasa ketika masih berada di lingkungan kampus: 

1. Jangan malu dalam melakukan hal-hal positif 
Ada pepatah mengatakan malu bertanya sesat di jalan. Ketika belajar di kampus kita tidak boleh malu bertanya, berdiskusi dengan kakak kelas atau adek kelas, dan malu ketika konsultasi dengan dosen. 

2. Perbanyak teman 
Manusia merupakan makhluk sosial yang setiap waktu butuh interaksi dengan orang lain. Sebagai mahasiswa kita juga harus punya banyak teman agar ketika kita punya masalah kita bisa meminta tolong ke mereka untuk membantu menyelesaikan masalah kita. Dengan banyak teman juga kita bisa lebih mudah untuk berbagi pengalaman yang nantinya bisa membuat kita menjadi semakin dewasa. 

3. Ikut organisasi 
Bagi saya organisasi merupakan tempat ke dua untuk mencari ilmu selain di kelas. Di organisasi kita bisa belajar untuk bekerja sama, saling menghormati perbedaan pendapat, saling menasehati satu sama lain, serta saling berbagi pengalaman dan ilmu. Semua kegiatan ini akan membuat kita menjadi dewasa ketika masih di lingkungan kampus. 

4. Punya tujuan dan rencana 
Tujuan dan rencana merupakan transportasi yang sangat baik untuk mencapai pulau keberhasilan. Memang kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi besok, tapi tidak ada salahnya membuat rencana dan tujuan untuk membuat besok menjadi lebih baik. Saya kemarin juga sempat browsing di google dan banyak menemukan artikel bahwa salah satu syarat menjadi orang yang berhasil ialah harus punya tujuan dan rencara, jadi kalau kita ingin menjadi berhasil kita juga harus punya tujuan dan rencana. 

Kesimpulan dari tulisan saya di atas ialah sangat baik dan penting menjadi dewasa ketika masih di bangku perkuliahan. Banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari kedewasaan, salah satunya ialah dihormati orang lain. Semoga kita bisa menjadi mahasiswa-mahasiswa dewasa ketika masih di bangku perkuliahan. Just do it, not more speaking, and always pray. I think this is key to success. 
Penulis : Rudiasa

0 comment:

Post a Comment