RSS
Facebook
Twitter

April 10, 2012

Suasana di Kampus UM


Hari ini ialah hari libur karena umat kristiani merayakan hari paskah. Libur buat kebanyakan orang merupakan waktu yang sangat menyenangkan, tapi bagi saya pribadi libur merupakan aktivitas yang kurang menyenangkan karena belum ada sarana dan prasarana untuk menikmatinya. Ada pepatah mengatakan bahwa “tak kenal maka kenalan, dan tak kenalan maka takkan kenal”. Perkenalkan nama saya rudiasa, saya lahir di dusun kecil nan indah yakni dusun tegalan. Kegiatan saya sehari-hari selain kuliah yakni ngeblog, ikut organisasi, dan jualan barang di ebay. Hidup ini memang sulit, terutama dalam menemukan keberhasilan. harapan dan do’a saya semoga dengan kegiatan-kegiatan itu bisa mengantarkan saya ke gerbang pintu keberhasilan dan bisa menemukan sebuah keberhasilan.
LSO Muslim Studi Fakultas Ekonomi UM

Universitas Negeri Malang merupakan salah satu universitas terbaik yang ada di kota Malang. UM lahir tidak dari kondisi nol, UM lahir sebagai realisasi perluasan mandat IKIP Malang yang semula hanya bertugas menyelenggarakan program pendidikan bagi calon tenaga guru dan tenaga kependidikan lain. Setelah diperluas menjadi UM sekarang universitas ini mempunyai tugas untuk menyelenggarakan program pendidikan bagi calon tenaga dan ahli nonkependidikan di samping tugas pokoknya tetap menyelenggarakan program kependidikan. Rektor UM untuk periode sekarang ialah Dr. H. Suparno, beliau merupakan sosok yang paling berpengaruh terhadap kehidupan di kampus UM. UM memiliki 6 fakultas, yakni fakultas ilmu pendidikan, fakultas sastra, fakultas metematika dan ilmu pengetahuan alam(MIPA), fakultas ekonomi (fakultas saya), fakultas teknik, dan fakultas sosial, dan fakultas ilmu keolahragaan. 

Masjid Al Hikmah UM

Kehidupan di UM sangat dinamis, terutama dalam urusan beragama. Toleransi antarumat beragama sangat baik di kampus UM. islam merupakan agama mayoritas di UM, tapi agama-agama lain seperti kristen, katolik, serta hindu juga mempunyai andil dalam kelangsungan hidup di kampus UM. kegiatan perkuliahan di sini ialah dari hari senin sanpai jum’at, tapi dalam 1 minggu di kampus UM hampir tidak pernah sepi. Banyak kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa yang mana kegiatan itu sangat bermanfaat untuk kebaikan umat, seperti lomba-lomba dalam bidang akademik maupun non akademik, seminar nasional, talkshow nasional, konser musik, konser tari, hingga konser drama yang sering diselenggarakan di gedung Sasana Budaya. Kegiatan-kegiatan besar juga sering dilakukan di UM, tepatnya di Graha Cakrawala UM, seperti wisuda, konser Opera Van Java(OVJ) yang kemarin roadshow di Malang, dan konser musik dengan band-band nasional. Kegiatan agama juga tidak kalah dari kegiatan-kegiatan lain. Di Masjid Al Hikmah UM hampir setiap sore ada kajian islam yang diisi oleh berbagai fakultas, termasuk fakultas ekonomi. FE mempunyai LSO MUSLIM STUDI yang bergerak dalam bidang kerohanian. Hampir setiap selasa sore mereka menggunakan masjid ini untuk menyelenggarakan acara KISS (kajian islam selasa sore). Dengan berbagai materi dan pemateri yang menarik maka Banyak sekali akhwat(perempuan) dan ikhwan(laki-laki) yang hadir dalam acara ini. Acara ini sangat bermanfat untuk umat, terutama untuk mereka yang ingin mendalami agama islam. Acara ini berhasil terselenggara atas bantuan banyak pihak, terutama HRD MUSLIM STUDI FE UM. 

Gedung Graha Carkawala UM

Harapan saya pribadi, semoga Univeritas Negeri Malang bisa menjadi Univeritas yang lebih bermanfaat untuk umat, terutama dengan menghasilkan lulusan-lulusan yang benar-benar matang dalam urusan pendidikan, ekonomi, mental, serta sosial, dan bisa bermanfaat ketika sudah terjun di masyarakat. Just do it, not more speaking, and always pray. I think this is key to success. 
Penulis : Rudiasa

0 comment:

Post a Comment