RSS
Facebook
Twitter

April 27, 2012

SET(Syariah Economy Training) FE UM 2012

FoSSEI(Forum Silaturrahmi Studi Ekonomi Islam) merupakan organisasi yang bergerak dalam mengkaji dan mempelajari ekonomi islam. FoSSEI memiliki beberapa tingkatan seperti FoSSEI Nasional, FoSSEI Regional, dan FoSSEI di masing-masing kampus yang dinamakan KSEI. Di Universitas Negeri Malang ada dua KSEI, yaitu KSEI ICON(MUSLIM STUDI) dan KSEI LISSEI(LP3ME). Ada banyak KSEI-KSEI yang ada di regional jawa timur, contohnya seperti CIES Universitas Brawijaya, FPED Universitas Muhammadiyah Malang, SCODY Universitas Negeri Surabaya, KSEI Universitas Jember , AcSES Universitas Airlangga, HIMA EKIS Universitas Airlangga, SESCOM Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, HIMESYA Universitas Widyagama, FORDEIS STIE Kucecuara, SEFIS Universitas Trunojoyo Madura, CIOS ISID GONTOR Ponorogo, IKAHA JOMBANG, HIMA ES IAIN Sunan Ampel Surabaya, HIMSEI Universitas Yudharta Pasuruan, ForSEISK STAIN Kediri, dan masih banyak yang lainnya. Organisasi ini sangat baik karena tujuan utamanya menyelamatkan umat dari sebuah kebijakan yang tidak berlandaskan tuntunan agama islam yakni Al Qur’an dan Al Hadist. Melihat perkembangan dan prospek ekonomi islam ke depan sudah semestinya organisasi ini mendapat pengakuan dari banyak pihak, khususnya pihak pemerintah pusat maupun daerah. Banyak program kerja yang dibuat oleh organisasi ini, salah satunya Temu ilmiah nasional, kaderisasi nasional, Muktamar nasional, seminar nasional, talkshow nasional, dan pelatihan-pelatihan tingkat nasioal. 

Tahun ini KSEI ICON dan KSEI LISSEI diberi amanah untuk menyelenggarakan acara besar yakni Syariah Economy Training(SET). SET merupakan kaderisasi tingkat ke dua dalam FoSSEI. Selain di isi ilmu kaderisasi, SET tahun ini juga di isi dengan Seminar nasional tentang ekonomi islam dan outbond. Acara dilaksanakan pada tanggal 21-22 April 2012 kemarin, Bertempat di gedung E3 Lantai 2 Fakultas ekonomi Universitas negeri malang. SET tahun ini lingkupnya tingkat regional jawa timur saja, jadi kami hanya mengundang KSEI-KSEI yang ada di jawa timur. Biarpun banyak kekurangan dan kesalahan alhamdulillah acara ini bisa berjalan dengan lancar. 

Acara SET kemarin kami mengundang pemateri-pemateri dan moderator-moderator yang mempunyai kapasitas lebih tentang ekonomi islam. Berikut nama-nama pemateri beserta moderatornya: 
1. Dr. Heri Pratikto, M.Si dengan moderator Arsil Ranu Wajaya 
2. Arif Hoetoro, SE., MT., PhD dengan moderator M. Zaenal Abidin 
3. Dwi Apriyanto dengan moderator Muchammad Abdul Rochim 
4. H. Asmualik, ST dengan moderator Faisol Muammar Hadafi 

Melihat terangnya prospek ekonomi islam ke depan sudah sepantasnya organisasi-organisasi lain meniru acara ini. Acaranya tidak harus di isi seminar, tapi bisa di isi dengan talkshow, dialog interaktif, debat, dan karya ilmiah tentang ekonomi islam. Semoga sedikit artikel ini bermanfaat untuk umat. Just do it, not more speaking, and always pray, I think this is key to success. 
Penulis : Rudiasa

0 comment:

Post a Comment