RSS
Facebook
Twitter

May 9, 2013

Subuh koq selalu telat?



Agama islam ialah agama yang sempurna. Agama yang mencakup semua aspek kehidupan, politik, kesehatan, ekonomi, akhlak, akidah, dll. Dalam islam kita mengenal satu kegiatan yang selalu dilakukan setiap hari dan sifatnya wajib bagi orang muslim yang sudah baligh. Kegiatan itu bernama sholat. Ciri yang mendasari orang islam dengan orang non islam ialah kegiatan ini. Dalam islam ada 5 sholat wajib, subuh, dzuhur, asar, maghrib, dan isya.

Dalam aplikasinya manusia sangat diganggu koloni setan dan jin dalam melakukan sholat. Itu dibuktikan dangan dua permintaan jin kepada allah sebelum allah mengusirnya dari surga karena kesombongannya yang tidak mau menghormati makhluk lain yang bernama adam. Dia beranggapan bahwa dia lebih baik daripada adam karena dia diciptakan dari api sedangkan adam diciptakan dari tanah. Dua permintaan itu ialah dia ingin selalu menggoda anak dan cucu adam dalam melakukan kegiatan-kegiatan positif dan permintaan satunya ialah dia ingin hidup sampai hari kiamat, sehingga dia bebas menggoda manusia sampai hari kiamat nanti. Tetapi tidak perlu khawatir, para setan dan jin tidak berani menggoda manusia yang mempunyai hati yang ikhlas. Sehingga yang harus kita pelajari ialah bagaimana menjadi orang yang ikhlas dalam menjalani ibadah kepada allah SWT.

Sholat subuh merupakan sholat yang paling sulit untuk dilakukan secara tepat waktu dan berjamaah. Banyak faktor yang menyebabkan sholat ini sulit dilakukan. Salah satunya godaan koloni setan dan jin, rasa kantuk yang masih dalam, terlalu lelah, udara yang dingin sehingga malas bangun pagi dan mengambil air wudhu, serta tempat tinggal yang jauh dari suara sang muadzin.

Pada dasarnya banyak manfaat yang bisa kita peroleh ketika kita bangun dan sholat subuh secara tepat waktu. Dari segi kesehatan dan kebugaran jelas sholat subuh akan mempengaruhi kondisi tubuh kita karena gerakan-gerakan dalam sholat sudah cukup untuk dibuat pemanasan sebelum berolahraga. Kebugaranpun lebih terasa karena sehabis sholat subuh kita bisa langsung berolahraga dan menghirup udara segar. Itu jelas meningkatkan semangat kita dalam menjalani rutinitas sehari-hari. Dari segi IQ sholat subuh tepat waktu juga mempengaruhi pola pikir kita karena ketika pagi hari pikiran kita belum kemasukan banyak masalah, sehingga setelah sholat subuh sangat nikmat untuk dibuat belajar dan mengerjakan tugas-tugas sekolah/kampus.

Penulis : Rudiasa (Mahasiswa FE UM)

0 comment:

Post a Comment