RSS
Facebook
Twitter

May 26, 2013

Becak Goes, Fenomena Baru di Pedesaan



Olahraga merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan ini. Itu akan bertambah penting ketika dilakukan oleh orang yang punya banyak penyakit, salah satunya Obesitas (kegemukan). Dengan berolahraga tubuh kita akan mengeluarkan berbagai kuman dan penyakit melalui keringat. Dengan berolahraga pula tubuh kita menjadi lebih bugar dan dampak langsungnya pasti kita akan bersemangat ketika menjalani rutinitas sehari-hari.

Banyak jenis olehraga yang bisa kita aplikasikan dalam kehidupan ini. Entah itu yang membutuhkan dana maupun yang gratis. Salah satu olahraga yang gratis ialah bersepeda. Banyak manfaat yang bisa kita peroleh ketika bersepeda, salah satunya mengencangkan dan memperkuat kaki. Ada fenomena unik ketika saya pulang ke kampung halaman yang berada di jombang. Fenomena unik itu ialah becak goes. Becak Goes ialah perpaduan antara sepeda, becak, dan mobil. Dia mempunyai empat roda dan empat pedal. Tetapi uniknya sepeda ini menggunakan stang mobil untuk mengemudikannya. Sehingga dari situ ada satu pengemudi dan empat pengayuh becak. Dengan membayar uang sewa 10.000/jam kita sudah bisa menikmati becak ini. Becak ini kebanyakan dinikmati oleh anak-anak kecil, tetapi tak jarang pula dia dikendarai ibu-ibu atau bapak-bapaak yang mempunyai tubuh besar.

Pada dasarnya hal seperti ini sudah ada di kota-kota besar seperti di kota malang dan kota batu. Tetapi becak goes disana tidak selebai dan sealay yang ada di pedesaan. Becak goes di kota-kota besar hanya sebatas kendaraan yang tujuan utamanya untuk berolahraga bersama. Sedangkan becak goes yang ada di pedesaan lebih menonjolkan kesombongannya. Itu dibuktikan dengan adanya musik dengan suara keras yang seakan-akan orang lain tidak punya sound system dirumahnya masing-masing. Padahal mereka punya, itupun jauh lebih baik daripada sound system yang ada di becak goes. Satu lagi, becak goes yang ada di pedesaan dipenuhi dengan lampu-lampu beragam yang seakan-akan menunjukkan bahwasanya dia yang termewah dan terbaik. Terlepas dari itu fenomena seperti ini merupakan hal positif yang dimiliki orang-orang pedesaan. Mereka menjadi lebih gemar untuk berolahraga dan dampak langsungnya akan membuat tubuh mereka menjadi lebih sehat.

Penulis : Rudiasa (Mahasiswa FE UM)

0 comment:

Post a Comment