RSS
Facebook
Twitter

November 5, 2013

Keutamaan Qiyamul Lail



Sebagai orang islam, ndak ada salahnya sesekali kita bangun lebih pagi. Kemudian mengambil air wudhu dan bermanja-manja dengan Allah melalui qiyamul lail. Berikut keutamaan qiyamul lail menurut Rasulillah SAW melalui hadist sahihnya,

1. Kebiasaan Orang Shalih

Rasulullah SAW bersabda: “hendaklah kalian shalat malam, karena ia kebiasaan yang dikerjakan orang-orang shalih sebelum kalian. Ia adalah ibadah yang mendekatkan diri kepada Rabb kalian, penghapus berbagai kesalahan dan pencegah perbuatan dosa.” (HR. Tirmidzi)

2. Shalat yang Disaksikan

Diriwayatkan dari Amr bin Abasah r.a. berkata : aku berkata: wahai rasulullah, (bagian) dari malam manakah yang paling didengar (oleh Allah)?, beliau bersabda: “pertengahan malam yang terakhir, maka shalatlah sesukamu, karena shalat tersebut disaksikan dan dicatat hingga kamu shalat subuh.” (HR. Abu Dawud)

3. Mengantarkan Masuk Surga

Rasulullah SAW bersabda : “Wahai seluruh manusia! Tebarkanlah salam, berilah makanan, dan shalat malam di saat orang-orang sedang tidur. Maka kalian akan masuk surga dengan selamat”(HR. Ibnu Majah)

4. Allah Limpahkan Rahmat dan Kasih Sayang-Nya

“Allah merahmati seorang suami yang bangun di malam hari lalu dia shalat dan membangunkan istrinya, jika sang istri enggan, maka ia percikkan air ke wajahnya dan Allah merahmati seorang istri yang bangun malam hari lalu dia shalat dan membangunkan suaminya jika suaminya enggan, dia percikkan air pada wajahnya.” (HR. Abu Dawud)

5. Do’a Terkabul

Rasulullah SAW bersabda: “sesungguhnya pada malam hari ada dua saat, tidaklah seorang muslim memohon kepada Allah kebaikan dari urusan dunia dan akhirat bertepatan dengan saat tersebut, melainkan dia memberikan permohonan dan hal tersebut pada setiap malam.” (HR. Muslim)

Kelima keutamaan di atas hanyalah sebagian dari sekian banyak keutamaan qiyamul lail. Semoga bermanfaat.

NB : tulisan ini terinspirasi ketika aku mengikuti DAMBA 2013 yang diadakan oleh LDF Muslim Studi FE UM di Cuban Talun kemarin (1-3 November 2013).

Penulis : Rudiasa (Mahasiswa FE UM)

0 comment:

Post a Comment